Kecerdasan Buatan_ Sistem Pakar
Assalammualaikum wr. wb.
Untuk memenuhi tugas uas mata kuliah Kecerdasan Buatan, kami kelompok 1 akan membuat laporan mata kuliah kecerdasan buatan tentang Aplikasi AI, salah satunya yaitu Sistem Pakar.
1. Kepakaran
Kepakaran adalah pengetahuan yang ekstensif, spesifik yang didapatkan dari training, membaca, dan pengalaman.
Download PPT
Untuk memenuhi tugas uas mata kuliah Kecerdasan Buatan, kami kelompok 1 akan membuat laporan mata kuliah kecerdasan buatan tentang Aplikasi AI, salah satunya yaitu Sistem Pakar.
Nama Kelompok
Abdul Gopur (161011401372)
Adi
Pangestu (161011400335)
Burhanul Muttaqin (161011400084)
(06TPLM001)
(06TPLM001)
- APLIKASI-APLIKASI AI
- Sistem Pakar (Expert System). Disini komputer digunakan sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Dengan demikian komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki oleh pakar.
- Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing). Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
- Pengenalan Ucapan (Speech Recognition). Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan suara.
- Robotika & Sistem Sensor (Robotics & Sensory Systems).
- Computer Vision, mencoba untuk dapat menginterpretasikan gambar atau obyek-obyek tampak melalui komputer.
- Intelligent Computer-aided Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.
- Game Playing.
Namun disini kami hanya akan membahas sesuai tugas kelompok yaitu tentang Sistem Pakar.
KECERDASAN BUATAN
SISTEM
PAKAR
Perkembangan teknologi informasi sekarang ini
berjalan sangan cepat dan memegang peranan penting dalam berbagai hal. Komputer
merupakan salah satu bagian penting dalam peningkatan teknologi informasi.
Kemampuan komputer dalam mengingat dan menyimpan informasi dapat dimanfaatkan
tanpa harus bergantung kepada hambatan-hambatan seperti yang dimiliki pada
manusia, misalnya saja kondisi lapar, haus ataupun emosi. Dengan menyimpan
informasi dan sehimpunan aturan penalaran yang memadai memungkinkan komputer
memberikan kesimpulan atau mengambil keputusan yang kualitasnya sama dangan
kemampuan seorang pakar bidang keilmuan tertentu. Salah satu cabang ilmu
komputer yang dapat mendukung hal tersebut adalah sistem pakar.
Sistem pakar merupakan salah satu cabang kecerdasan
buatan yang mempelajari bagaimana “mengadopsi” cara seorang pakar berpikir dan
bernalar dalam menyelesaikan suatu permasalahan, dan membuat suatu keputusan
maupun mengambil kesimpulan dari sejumlah fakta yang ada. Dasar dari suatu
sistem pakar adalah bagaimana mentransfer pengetahuan yang dimiliki oleh
seorang pakar ke dalam komputer, dan bagaimana membuat keputusan atau mengambil
kesimpulan berdasarkan pengetahuan itu.
Pengertian Sistem Pakar
Sistem
pakar adalah program yang berisi pengetahuan manusia atau bertingkah laku
seperti manusia pakar yang pada aplikasinya membantu menyelesaikan masalah
– masalah didunia nyata. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan
sekumpulan rule atau kaidah yang didapat dari pakar, lalu
dijadikan pertanyaan – pertanyaan untuk mendapat solusi atau kesimpulan.
Berikut ini beberapa pengertian sistem pakar menurut beberapa orang ahli:
- Menurut William Stubblefield dan George F. Lugger (1993), menjelaskan bahwa sistem pakar adalah suatu program yang dapat menirukan seorang pakar.
- Menurut E. Fraim Turban (1992), menjelaskan bahwa sistem pakar adalah sebuah program yang mengkomputerisasikan laporan yang mencoba untuk menirukan proses pemikiran dan pengetahuan dari pakar – pakar dalam menyelesaikan masalah.
- Menurut Garratano dan Riley (1989), menjelaskan bahwa sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar.
Jadi
sistem pakar : kepakaran ditransfer dari seorang pakar (atau sumber kepakaran
yang lain) ke komputer, pengetahuan yang ada disimpan dalam komputer, dan
pengguna dapat berkonsultasi pada komputer itu untuk suatu nasehat, lalu
komputer dapat mengambil inferensi (menyimpulkan, mendeduksi, dan lain-lain)
seperti layaknya seorang pakar, kemudian menjelaskannya ke pengguna tersebut,
bila perlu dengan alasan-alasannya.
Sistem
Pakar terkadang lebih baik unjuk kerjanya dari pada seorang pakar manusia.
Dengan sistem pakar, orang awam pun dapat menyelesaikan masalah yang cukup
rumit yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Bagi
para ahli, sistem pakar juga akan membantu aktivitasnya sebagai asisten yang
sangat berpengalaman.
Sistem
pakar dikembangkan pertama kali oleh komunitas AI (Artificial Intelligence)
tahun 1960-an. Sistem pakar yang pertama adalah General Purpose Problem Solver
(GPS) yang dikembangkan oleh Newel Simon.
Manfaat Sistem Pakar
- Meningkatkan output dan produktifitas, karena sistem pakar dapat bekerja lebih cepat dari manusia.
- Meningkatkan kualitas, dengan memberi nasehat yang konsisten dan mengurangi kesalahan.
- Mampu menangkap kepakaran yang sangat terbatas.
- Dapat beroperasi di lingkungan yang berbahaya.
- Memudahkan akses ke pengetahuan
- Handal, sistem pakar tidak pernah menjadi bosan dan kelelahan atau sakit. Sistem pakar juga secara konsisten melihat semua detail dan tidak akan melewatkan informasi yang relevan dan solusi yang potensial
- Meningkatkan kapabilitas sistem terkomputerisasi yang lain, integrasi sistem pakar dengan sistem computer lain membuat lebih efektif, dan mencakup lebih banyak aplikasi.
- Mampu bekerja dengan informasi yang tidak lengkap atau tidak pasti.
- Mampu menyediakan pelatihan, pengguna pemula yang bekerja dengan sistem pakar akan menjadi lebih berpengalaman. Fasilitas penjelas dapat berfungsi sebagai guru.
- Meningkatkan kemampuan problem solving, karena mengambil sumber pengetahuan dari banyak pakar.
- Meniadakan kebutuhan perangkat yang mahal.
- Fleksibel.
Kekurangan Sistem Pakar
- Biaya yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya sangat mahal.
- Sulit dikembangkan. Hal ini tentu saja erat kaitannya dengan ketersediaan pakar dalam bidangnya.
- Sistem pakar tidak 100% bernilai benar, karena seseorang yang terlibat dalam pembuatan sistem pakar tidak selalu benar. Oleh karena itu perlu diuji ulang secara teliti sebelum digunakan
Karakteristik Sistem Pakar
- Pengetahuan sistem pakar merupakan suatu konsep karena keahlian dari seorang ahli ialah sebuah fakta atau aturan dan bukan berbentuk numerik seperti proses pengolahan data di computer.
- Informasi dalam sistem pakar tidak selalu lengkap, subyektif, tidak konsisten. Subyek terus berubah dan tergantung pada kondisi lingkungan sehingga keputusan yang diambil bersifat tidakpasti dan tidak mutlak “ya” atau “tidak” akan tetapi menurut ukuran kebenaran tertentu.
- Kemungkinan solusi sitem pakar terhadap suatu permasalahan memiliki banyak pilihan jawaban yang dapat ditentukan. Sistem pakar harus bersifat fleksibel karena ruang lingkup masalah yang luas dan tidak pasti atau tidak spesifik.
- Perubahan atau pengembangan pengetahuan dalam sistem pakar dapat terjadi setiap saat bahkan sepanjang waktu sehingga diperlukan kemudahan dalam memodifikasi sistem untuk menampung jumlah pengetahuan yang semakin besar dan semakain bervariasi.
- Pandangan atau pendapat setiap pakar itu relative atau tidak selalu sama (subyektif). Karena itu tidak ada jaminan bahwa solusi sistem pakar merupakan jawaban yang pasti benar
- Sistem pakar harus memberikan solusi yang akurat berdasarkan masukan pengetahuan meskipun solusinya sulit ditentuakan karena keputusan merupakan bagian yang penting dari sistem pakar.
Konsep Dasar Sistem Pakar
Kepakaran adalah pengetahuan yang ekstensif, spesifik yang didapatkan dari training, membaca, dan pengalaman.
Beberapa jenis pengetahuan
di bawah ini adalah contoh dari kepakaran:
- Fakta mengenai area/daerah masalah
- Teori mengenai area masalah
- Aturan dan prosedur berkaitan dengan area masalah secara umum
- Rules (heuristic) dari apa yang harus dikerjakan pada situasi masalah tertentu (contoh aturan yang berkaitan dengan penyelesaian maslah)
- Strategi global untuk menyelesaikan masalah tertentu
- Meta-knowledge (pengetahuan mengenai pengetahuan itu sendiri).
2. Pakar
Pakar adalah seseorang yang
mampu menjelaskan suatu tanggapan, mempelajari hal-hal baru seputar topik
permasalahan, menyusun kembali pengetahuan jika dipandang perlu, memecahkan
masalah dengan cepat dan tepat.
Umumnya, kepakaran seorang
manusia terdiri dari aktivitas sebagai berikut:
- Mengenali dan merumuskan masalah
- Menyelesaikan masalah secara cepat dan layak
- Menjelaskan solusinya
- Belajar dari pengalaman
- Me-restrukturisasi pengetahuan
- Breaking rules
- Menentukan relevansi
- Menguraikan dengan bijak (sesuai dengan keterbatasannya).
3. Pengalihan Keahlian
Tujuan dari sistem pakar
adalah untuk mentransfer keahlian dari seorang pakar ke dalam computer kemudian
ke masyarakat. Proses ini meliputi 4 kegiatan, yaitu perolehan pengetahuan
(dari para ahli atau sumber-sumber lainnya), representasi pengetahuan ke
komputer, kesimpulan dari pengetahuan, dan pengalihan pengetahuan ke pengguna.
4. Mengambil keputusan
Hal yang unik dari sistem
pakar adalah kemampuan untuk menjelaskan dimana keahlian tersimpan dalam basis
pengetahuan. Kemampuan computer untuk mengambil kesimpulan dilakuakan oleh
komponen yang dikenal dengan mesin inferensi yaitu meliputi prosedur tentang
pemecahan masalah.
5. Aturan
Sistem pakar yang dibuat
merupakan sistem yang berdasarkan pada aturan-aturan dimana program disimpan
dalam bentuk aturan-aturan sebagai prosedur pemecahan masalah. Aturan tersebut
biasanya berbentuk IF-THEN.
6. Kemampuan Menjelaskan
Keunikan lain dari sistem
pakar adalah kemampuan dalam menjelaskan atau memberi saran/rekomendasi serta
juga menjelaskan mengapa beberapa tindakan/saran tidak direkomendasikan.
Gambar 1. Perbedaan Sistem Konvensional Dan Sistem Pakar
Struktur Sistem Pakar
Sistem pakar dibagi menjadi
2 bagian utama, yaitu lingkungan pengembangan (development environment) :
digunakan oleh pembangun sistem pakar untuk membangun komponen dan untuk
membawa pengetahuan ke dalam knowledge base. Dan lingkungan konsultasi
(consultation environment) : digunakan oleh orang yang bukan ahli untuk
mendapatkan pengetahuan dan saran serta pakar.
Komponen-komponen yang ada
dalam sistem pakar:
1. Knowledge Acquisition Subsystem
Pengetahuan dapat diperoleh
dari seorang pakar, buku teks (textbook) atau laporan penelitian, dengan
dukungan dari seorang knowledge engineer (seorang pakar yang memiliki
spesialisasi dalam akuisisi pengetahuan).
2. Knowledge Base
Dua jenis knowledge basse
adalah fakta (yaitu situasi dan teori) dan heuristics atau rule.
3. Inference Engine
Ia adalah otak dari suatu
sistem pakar, bias juga disebut dengan struktur control (control structure)
atau penerjemah rule (rule interpreter dalam Rule-Based System). Ia adalah
program kompouter yang memiliki metodologi untuk melakukan reasoning
(pertimbangan) mengenai informasi yang tersimpan dalam knowledge base dalam
“blackboard (workplace)”, dan ia digunakan untuk memformulasikan konklusi. Ia
memiliki 3 elemen utama, yaitu interpreter, scheduler, consistency enforcer.
4. Blackboard (workplace)
Ia adalah tempat menyimpan
sementara untuk memproses rencana, agenda, solusi, dan deskripsi masalah yang
didapat dari knowledge dase selama sesi konsultasi.
5. User
Umumnya user yang dimaksud
adalah:
- Klien (bukan pakar) yang menginginkan advis/nasehat. Disini, sistem pakar bertinadak seperti seorang konsultan atau penasehat
- Learner (pelajar) untuk mempelajari bagaimana sistem pakar menyelesaikan permasalahan. Disini, sistem pakar bertindak sebagai instruktur.
- Expert system builder (pembangun sistem pakar) yang ingin meningkatkan knowledge base-nya. Disini, sistem pakar bertindak sebagai seorang rekan.
- Pakar. Disini, sistem pakar bertindak sebagai seorang bkolega atau asisten.
6. User Interface
Sistem pakar haruslah user
friendly dan berorientasi pada masalah dalam hal antarmukanya.
7. Explanation Subsystem
Ini adalah kemampuan
penelusuran kebenaran dari konklusi yang didapat dari sumber-sumbernya. Hal ini
krusial untuk transformasi kepakaran dan penyelesaian masalah. Komponen ini
mampu menelusuri kebenaran dan untuk m,enerangkan perilaku sistem pakar, secara
interaktif, menjawab pertanyaan.
8. Knowledge Refining System
Dengan komponen ini, pakar mampu untuk menganalisis kinerja dari sistem
pakar, belajar daripadanya, dan meningkatkannya pada konsultasi selanjutnya.
Gambar 2.
Diagram Struktur Sistem Pakar
Evaluasi
Essay
Questions
1. Apa alasan mendasar dikembangkannya sistem
pakar?
Jawaban:
Alasan mendasar
dikembangkannya sistem pakar adalah untuk menggantikan
tugas-tugas dari para ahli digantikan hanya dengan sebuah sistem, tanpa harus
seorang ahli atau pakar bekerja di tempat tersebut.
2. Apa perbedaan sistem konvensional dan sistem
pakar?
Jawaban:
Sistem
konvensional merupakan sebuah sistem yang didapat secara manual dari hasil
pemikiran seseorang yang dituangkan melalui sebuah metode atau cara-cara
tertentu, sedangkan sistem pakar merupakan sebuah sistem yang didapat dari
hasil pemikiran seseorang, kemudian dituangkan kedalam sistem komputerisasi dan
digunakan secara langsung untuk mendapatkan penyelesaian dari suatu masalah.
3. Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen yang ada dalam sistem pakar?
Jawaban:
a. Knowledge Acquisition Subsystem
Pengetahuan dapat diperoleh
dari seorang pakar, buku teks (textbook) atau laporan penelitian, dengan
dukungan dari seorang knowledge engineer (seorang pakar yang memiliki
spesialisasi dalam akuisisi pengetahuan).
b. Knowledge Base
Dua jenis knowledge basse
adalah fakta (yaitu situasi dan teori) dan heuristics atau rule.
c. Inference Engine
Ia adalah otak dari suatu
sistem pakar, bias juga disebut dengan struktur control (control structure)
atau penerjemah rule (rule interpreter dalam Rule-Based System). Ia adalah
program kompouter yang memiliki metodologi untuk melakukan reasoning
(pertimbangan) mengenai informasi yang tersimpan dalam knowledge base dalam
“blackboard (workplace)”, dan ia digunakan untuk memformulasikan konklusi. Ia memiliki
3 elemen utama, yaitu interpreter, scheduler, consistency enforcer.
d. Blackboard (workplace)
Ia adalah tempat menyimpan
sementara untuk memproses rencana, agenda, solusi, dan deskripsi masalah yang
didapat dari knowledge dase selama sesi konsultasi.
e. User
Umumnya user yang dimaksud
adalah:
- ·Klien (bukan pakar) yang menginginkan advis/nasehat. Disini, sistem
pakar bertinadak seperti seorang konsultan atau penasehat.
- Learner (pelajar) untuk mempelajari bagaimana sistem pakar menyelesaikan permasalahan. Disini, sistem pakar bertindak sebagai instruktur.
- Expert system builder (pembangun sistem pakar) yang ingin meningkatkan
knowledge base-nya. Disini, sistem pakar bertindak sebagai seorang rekan.
- Pakar. Disini, sistem pakar bertindak sebagai
seorang bkolega atau asisten.
f. User Interface
Sistem pakar haruslah user
friendly dan berorientasi pada masalah dalam hal antarmukanya.
g. Explanation Subsystem
Ini adalah kemampuan
penelusuran kebenaran dari konklusi yang didapat dari sumber-sumbernya. Hal ini
krusial untuk transformasi kepakaran dan penyelesaian masalah. Komponen ini
mampu menelusuri kebenaran dan untuk m,enerangkan perilaku sistem pakar, secara
interaktif, menjawab pertanyaan.
h. Knowledge Refining System
Dengan komponen ini, pakar
mampu untuk menganalisis kinerja dari sistem pakar, belajar daripadanya, dan
meningkatkannya pada konsultasi selanjutnya.
4. Sebutkan dan jelaskan bagian utama dari struktur sistem pakar?
Jawaban:
a. lingkungan
pengembangan (development environment) : digunakan oleh pembangun sistem pakar
untuk membangun komponen dan untuk membawa pengetahuan ke dalam knowledge base.
b. Lingkungan
konsultasi (consultation environment) : digunakan oleh orang yang bukan ahli untuk
mendapatkan pengetahuan dan saran serta pakar.
5. Apa kelebihan Sistem Pakar dibanding seorang Pakar?
Jawaban:
a.
Waktu kerja lebih flexibel
b.
Bisa berada dimana saja
c.
Dapat diganti
d.
Tidak akan habis
e.
Konsisten dalam performa dah lebih cepat
f.
Biaya terjangkau
Multiple Choice Questions
1. Berikut ini adalah komponen Sistem
Pakar , kecuali:
A. User Interface
B. Inference Engine
C. User
D. Knowledge Engineer
E. Explanation Subsystem
2. Representasi pengetahuan yang umum
digunakan dalam sistem pakar adalah:
A. While…do
B. Go…to
C. Do…until
D. If…then
E. Ehile…do dan Do…until
3. Tujuan dari sistem pakar adalah:
A. Representasi
pengetahuan dari pakar
B. Menjelaskan
proses pengambilan keputusan oleh sistem
C. Sebagai
perantara antara pemakai dengan computer
D. Mentransfer kepakaran dari seorang pakar ke komputer,
sehingga dapat digunakan oleh orang banyak
E. Memperoleh
pengetahuan yang meluas yang diperoleh melalui rangkaian membaca dan pengalaman.
PROSPECTOR
- sistem pakar yang membantu ahli geologi dalam mencari dan menemukan deposit
- Basis pengetahuan berisi bermacam-macam mineral dan batu-batuan. Banyak pakar geologi diwawancarai dan pengetahuan mereka tentang berbagai bentuk biji deposit dimasukkan ke dalam sistem pakar.
- Ahli geologi melacak biji deposit dengan pergi ke lapangan untuk meninjau medan dan mengumpulkan bukti yang ada seperti ciri-ciri geologi dicatat, sampel tanah dan batu-batuan. Sistem pakar mengevaluasi areal dalam bentuk pertanyaan dan data-data tersebut dimasukkan, kemudian Prospector memberikan rekomendasi yang menunjukkan jumlah deposit yang ada dan apakah menguntungkan atau tidak bila dieksplorasi atau di bor lebih lanjut.
DELTA
- Dibuat oleh perusahaan General Electric (GE) membantu karyawan bagian pemeliharaan mesin lokomotif diesel dalam memantau mesin-mesin yang tidak berfungsi dengan baik dan membimbing ke arah prosedur perbaikan.
FOLIO
- Sistem pakar yang menolong stock broker dan tugas manajer dalam menangani investasi bagi kepentingan para langganannya. Stock broker mewawancarai langganan untuk menentukan tujuan sumber dan investasi mereka.
- FOLIO bisa memberikan rekomendasi tentang keamanan investasi, mengevaluasi stock beresiko tinggi,menghitung pengembalian modal, dan membuat keputusan dalam hal pemasaran suatu komoditi.
- Membantu para perencana keuangan untuk memperkecil kerugian karena pajak, inflasi atau faktor lain misal turun naiknya nilai mata uang.
ELECTRONIC
LAYER.
- Digunakan untuk menganalisa dan membantu rekayasa rancangan sirkuit elektronik yang terbuat dari transistor, dioda dan resistor.
- Diagram skematik dari sirkuit ini dimasukkan ke dalam komputer dan EL menganalisis menentukan karakteristik sirkuit, nilai voltase, dan strum yang ada pada semua titik sirkuit.
- Basis pengetahuan pada EL merupakan prinsip umum elektronik seperti hukum OHM, hukum kirchoff, karakteris-tik komponen, teori operasi transistor.
RAMALAN
CUACA
- Dengan diberi input tentang situasi cuaca yang sedang berlangsung, baik lokal maupun ditempat lain, maka sistem pakar bisa menyajikan ramalan yang akurat tentang cuaca yang akan terjadi dalam suatu periode tertentu.
Contoh Aplikasi Sistem Pakar
Setelah
mempelajari tentang system pakar, kami membuat sebuh aplikasi system pakar
tentang
mendiagnosa penyakit ginjal. Aplikasi tersebut dirancang dengan bahasa
.Net (VB.Net).
Gambar di
atas adalah tampilan awal aplikasi tersebut.
Gambar di atas
adalah tampilan menu aplikasi tersebut.
Gambar di atas
adalah tampilan dari Hasil diagnose pada aplikasi tersebut.
Gambar di atas
adalah tampilan untuk menjawab pertanyaan pada aplikasi tersebut.
Gambar di atas
adalah tampilan dari deskripsi tentang siapa yang membuat aplikasi tersebut.
Gambar di atas
adalah tampilan untuk apa aplikasi ini dibuat.
Cara Kerja Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal
Aplikasi ini dibuat melalui 3 konsep yaitu database,
logika inferensi dan basis pengetahuan pakar
ginjal.
3 Konsep tersebut dituang kedalam sebuah database
menjadi sbb:
Knowledge
|
||||||
Id
|
Pertanyaan
|
FaktaYa
|
FaktaTidak
|
Ya
|
Tidak
|
|
T1
|
Apakah Berkurangnya rasa, terutama
dibagian tangan?
|
Berkurangnya rasa di bagian tangan
|
Tidak berkurang rasa
|
T2
|
T14
|
|
T10
|
Sering muntah ?
|
Muntah
|
Tidak muntah
|
T35
|
T38
|
|
T11
|
Apakah nafsu makan anda menurun ?
|
Nafsu makan menurun
|
Nafsu makan normal
|
T20
|
T12
|
|
T12
|
Apakah ada nanah di air kencing ?
|
Nanah di air kencing
|
Tidak ada nanah di air kencing
|
T13
|
T4
|
|
T13
|
Apakah terasa nyeri di tulang pinggul ?
|
nyeri ditulang pinggunl
|
Tulang pinggul tidak tersa sakit
|
T19
|
T16
|
|
T14
|
apakah terasa nyeri di daerah kandung
kemih ?
|
Daerah kandung kemil tetasa sakit
|
derah kandung kemih normal
|
T22
|
T15
|
|
T15
|
Apakah tersa sakit di daerah ginjal
|
ginjal terasa sakit
|
daerah ginjal normal
|
T16
|
T11
|
|
T16
|
Nyeri ketika kencing ?
|
nyeri ketika kencing
|
kencing normal
|
T17
|
T2
|
|
T17
|
apakah terasa sakit bagian perut ?
|
Bagian perut terasa sakit
|
bagian perut normal
|
T18
|
T21
|
|
T18
|
Apakah terasa nyeri pada punggung bagian
bawah ?
|
Punggung bagian bawah terasa sakit
|
tidak terasa sakit bagian punggung
|
T31
|
T12
|
|
T19
|
Apakah terasa nyeri yang hilang timbul ?
|
nyeri yang hilan timbul
|
normal
|
S5
|
T25
|
|
T2
|
Apakah ada darah didalam air kencing?
|
ada darah dalam air kencing
|
Tidak terdapat darah didalam air kencing
|
T3
|
S2
|
|
T20
|
apakah terjadi pembengkakan organ tubuh
bagian tertentu ?
|
Pembengkakan organ tubuh bagian tertentu
|
Tidak terjadi pembengkakan
|
T24
|
T30
|
|
T21
|
Apakah terjadi pembengkakan yang
menyeluruh ?
|
Pembengkakan yang menyeluruh
|
Tidak terjadi pembengkakan
|
T23
|
T22
|
|
T22
|
Penurunan berat badan ?
|
Berat badan menurun
|
beratbadan bertambah
|
T26
|
T3
|
|
T23
|
Perubahan mental atau suasana hati ?
|
Terjadi perubahan mental
|
belum terjadi perubahan mental
|
T27
|
T9
|
|
T24
|
apakah rambut dan kuku menjadi rapuh
|
rambut menjadi rapuh
|
tidak ada perapuhan di bagian rambut
|
S4
|
S5
|
|
T25
|
Apakah kulit menjadi kemerahan ?
|
kulit kemerahan
|
kulit normal
|
S10
|
T4
|
|
T26
|
Apakah sering kencing ?
|
Sering kencing
|
tidak sering kencing
|
T28
|
T16
|
|
T27
|
Syok atau kaget ?
|
Syok atau kaget
|
tidak syok atau kaget
|
T28
|
T29
|
|
T28
|
apakah ada tekanan darah tinggi ?
|
tekanan darah tinggi
|
tidak ada tekanan darah tinggi
|
S2
|
T18
|
|
T29
|
Tremor tangan ?
|
Tremor tangan
|
tidak tremor tangan
|
S1
|
T4
|
|
T3
|
Apakah anda merasa demam ?
|
Sering merasa demam
|
Tidak demam
|
T5
|
T6
|
|
T30
|
Apakah volume air kencing berkurang ?
|
Volume air kencing berkurang
|
volume air kencing normal
|
S7
|
S8
|
|
T31
|
Penurunan berat badan ?
|
Berat badan menurun
|
beratbadan bertambah
|
S3
|
T39
|
|
T32
|
Sering mual ?
|
Mual
|
Tidak mual
|
T33
|
S9
|
|
T33
|
apakah anda mudah lelah ?
|
Mudah lelah
|
Jarang lelah
|
T34
|
T10
|
|
T34
|
Apakah tersa sakit di daerah ginjal
|
ginjal terasa sakit
|
daerah ginjal normal
|
S7
|
T1
|
|
T35
|
Nyeri ketika kencing ?
|
nyeri ketika kencing
|
kencing normal
|
T36
|
T25
|
|
T36
|
Apakah terasa nyeri pada punggung bagian
bawah ?
|
Punggung bagian bawah terasa sakit
|
tidak terasa sakit bagian punggung
|
T37
|
S5
|
|
T37
|
Apakah sering kencing ?
|
Sering kencing
|
tidak sering kencing
|
S8
|
S11
|
|
T38
|
Apakah anda sering kencing dimalam hari
?
|
Kencing dimalam hari
|
Tidak pernah kencing dimalam hari
|
T39
|
T2
|
|
T39
|
Apakah ada darah didalam air kencing?
|
ada darah dalam air kencing
|
Tidak terdapat darah didalam air kencing
|
T40
|
T41
|
|
T4
|
Desakan untuk kencing ?
|
Sering ada desakan untuk kencing
|
Tidak ada desakan untuk kencing
|
S6
|
T32
|
|
T40
|
Apakah anda merasa demam ?
|
Sering merasa demam
|
Tidak demam
|
T41
|
T8
|
|
T41
|
Desakan untuk kencing ?
|
Sering ada desakan untuk kencing
|
Tidak ada desakan untuk kencing
|
S9
|
T1
|
|
T42
|
Apakah ada nanah di air kencing ?
|
Nanah di air kencing
|
Tidak ada nanah di air kencing
|
T43
|
S10
|
|
T43
|
Apakah terasa nyeri di tulang pinggul ?
|
nyeri ditulang pinggunl
|
Tulang pinggul tidak tersa sakit
|
T25
|
T8
|
|
T44
|
Desakan untuk kencing ?
|
Sering ada desakan untuk kencing
|
Tidak ada desakan untuk kencing
|
T45
|
S2
|
|
T45
|
apakah terasa nyeri di daerah kandung
kemih ?
|
Daerah kandung kemil tetasa sakit
|
derah kandung kemih normal
|
T46
|
T41
|
|
T46
|
Apakah tersa sakit di daerah ginjal
|
ginjal terasa sakit
|
daerah ginjal normal
|
T47
|
T1
|
|
T47
|
Nyeri ketika kencing ?
|
nyeri ketika kencing
|
kencing normal
|
S11
|
S5
|
|
T5
|
Apakah anda sering kejang ?
|
Sering kejang
|
Tidak kejang
|
T6
|
T26
|
|
T6
|
Apakah anda sering kencing dimalam hari
?
|
Kencing dimalam hari
|
Tidak pernah kencing dimalam hari
|
T8
|
T7
|
|
T7
|
apakah badan anda menggigil ?
|
Badan menggigil
|
Tidak menggigil
|
T26
|
S8
|
|
T8
|
Sering mual ?
|
Mual
|
Tidak mual
|
T9
|
T11
|
|
T9
|
apakah anda mudah lelah ?
|
Mudah lelah
|
Jarang lelah
|
S1
|
T12
|
|
Solusi
|
||||||
Id_solusi
|
Solusi
|
|||||
S1
|
Anda Menderita Penyakit Gagal Ginjal
Akut - untuk penyakit ini anda diharuskan untuk diet rendah protein
- dengan cara banyak mengkonsumsi Vitamin B dan C - Batasi makanan yang kaya fosfat seperti susu, kacang, hati. |
|||||
S10
|
Anda Terkena Penyakit Infeksi Saluran
Kemih - infeksi saluran kemih bagian atas akibat serangan bakteri Eschericia
colii,
- konsumsi obat-obatan berupa antibiotik dan antipasmodik-antikejang otot-3 kali 1 tablet sehari |
|||||
S11
|
Anda Terkena Penyakit Batu Ginjal -
Minum banyak cairan akan meningkatkan pembentukan air kemih dan membantu
membuang beberapa batu; jika batu telah terbuang, maka tidak perlu lagi
dilakukan pengobatan segera.
- Banyak minum, terutama air putih. Jangan hanya minum saat kita merasa haus. Haus sebenarnya merupakan tanda bahwa tubuh kita sudah mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). - Untuk mendiagnosa batu ginjal, dokter biasanya melakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan laboratorium untuk darah dan air seni, USG, atau ronsen khusus dengan IVP (Intra Venous Pielography) yang dapat melihat keadaan batu di dalam ginjal. |
|||||
S2
|
Anda menderita Penyakit Kanker ginjal -
Saat ini pengobatan standar untuk kanker yang masih terbatas di ginjal adalah
pembedahan untuk mengangkat seluruh ginjal (nefrektomi simplek atau nefrotomi
radikal). Pada nefrektomi radikal, dilakukan pengangkatan ginjal dan kelanjar
adrenal di atasnya, jaringan di sekitar ginjal serta beberapa kelenjar getah
bening. Pada nefrektomi simplek, dilakukan pengangkatan ginjal saja.
|
|||||
S3
|
Anda Menderita Penyakit Pielonefritis -
diberikan Antibiotika selama 7 sampai 14 hari. Antibiotika yang diberikan
sesuai kondisi pasien. Terapi parenteral dan perawatan diberikan bila kondisi
pasien lemah atau sulit untuk minum.
|
|||||
S4
|
Anda Terkena Penyakit Sindroma Nefrotik
- lakukan USG dan rontgen bisa membantu menemukan adanya batu ginjal,
kelainan
struktural atau penyebab penyumbatan air kemih lainnya. - biopsy ginjal harus dilakukan bila etiologi sekunder untuk penyakit glomerulus tidak dapat ditetapkan dengan pemeriksaan klinis dan laboratorium. - Pemeriksaan tambahan seperti venografi diperlukan untuk menegakkan diagnosis trombosis vena yang dapat terjadi akibat hiperkoagulabilitas pada penyakit sindroma nefrotik |
|||||
S5
|
Anda Terkena Penyakit Hidronefrosis -
coba lakukan USG, untuk memberikan gambaran ginjal, ureter dan kandung kemih
- Hidronefrosis kronis diatasi dengan mengobati penyebab dan mengurangi penyumbatan air kemih. Ureter yang menyempit atau abnormal bisa diangkat melalui pembedahan dan ujung-ujungnya disambungkan kembali. Kadang perlu dilakukan pembedahan untuk membebaskan ureter dari jaringan fibrosa. Jika sambungan ureter dan kandung kemih tersumbat, maka dilakukan pembedahan untuk melepaskan ureter dan menyambungkannya kembali di sisi kandung kemih yang berbeda. Jika uretra tersumbat, maka pengobatannya meliputi: - terapi hormonal untuk kanker prostat - pembedahan - melebarkan uretra dengan dilator. |
|||||
S6
|
Anda Terkena Penyakit Kanker Kandung
Kemih - melakukan pemeriksaan urin anda untuk mengetahui ada tidaknya penanda
tumor, yaitu suatu protein yang meningkat di air seni sebagai penanda kanker
kandung kemih.
- Minum Banyak Cairan. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi air dalam jumlah yang cukup mengurangi resiko terkena kanker kandung kemih. Minum banyak air akan membuat zat beracun lebih singkat berada dalam tubuh, sehingga potensi menyebabkan kerusakan juga menjadi lebih minim. |
|||||
S7
|
Anda Menderita Penyakit Ginjal Polkista
- lakukan USG dan CT scan menunjukkan gambaran ginjal dan hati yang sudah
dimakan ngengat akbiat kista.
- Mengobati infeksi dan tekanan darah tinggi bisa memperpanjang harapan hidup penderita. |
|||||
S8
|
Anda Terkena Penyakit Nefritis
Tubulointerstialis - hentikan mengkonsumsi obat-obat yang membuat anda alergi
dan keracunan.
- Keracunan bisa terjadi akibat obat-obat tertentu, misalnya amfotericin B dan aminoglikosida. Reaksi alergi bisa terjadi pada pemakaian penicillin, golongan sulfa, diuretik dan obat anti peradangan non-steroid (termasuk Aspirin). - periksakan kedokter spesialis |
|||||
S9
|
Anda Terkena Penyakit Stistis - Segera
priksakan diri ke dokter apabila menemui gejala-gejala yang mengarah pada
kelainan fungsi ginjal. Penanganan yang cepat dan tepat akan memperkecil
resiko terkena penyakit ginjal tersebut.
|
Dan dari masing – masing ID kita buat coding di visual
basic seperti dibawah ini:
Private Sub cmdYa_Click()
rsTemp.AddNew
rsTemp!ID_temp = rsKnowledge!Id
rsTemp!fakta = rsKnowledge!faktaYA
rsTemp.Update
jwb = rsKnowledge!Ya
If Left(jwb, 1) = "T" Then
rsKnowledge.MoveFirst
rsKnowledge.Find " ID= '" & jwb
& "' "
Label1.Caption
= rsKnowledge!pertanyaan
Else
rsSolusi.MoveFirst
rsSolusi.Find " ID_solusi= '" & jwb
& "' "
FrmHasilDiagnosis.Label1.Caption = rsSolusi!solusi
FrmHasilDiagnosis.Show vbModal
End If
End Sub
Private Sub cmdTIDAK_Click()
rsTemp.AddNew
rsTemp!ID_temp = rsKnowledge!Id
rsTemp!fakta = rsKnowledge!faktaTIDAK
rsTemp.Update
jwb = rsKnowledge!Tidak
If Left(jwb, 1) = "T" Then
rsKnowledge.MoveFirst
rsKnowledge.Find " ID= '" & jwb
& "' "
Label1.Caption
= rsKnowledge!pertanyaan
Else
rsSolusi.MoveFirst
rsSolusi.Find " ID_solusi= '" & jwb
& "' "
FrmHasilDiagnosis.Label1.Caption = rsSolusi!solusi
FrmHasilDiagnosis.Show vbModal
Kesimpulan
Dari laporan yang telah
kami susun, dapat disimpulkan bahwa sistem pakar adalah sistem yang berusaha
mengadopsi pengetahuan manusia ke computer, agar computer dapat menyelesaikan
masalah seperti yang bias dilakukan para ahli.
Ada beberapa hal penting
yang perlu diperhatikan bahwa, secanggih apapun suatu sistem atau sebesar
apapun basis pengetahuan yang dimiliki, tentu saja ada kelemahannya sebagai
konsekuensi logis kelemahan manusia sebagai penyusun elemen-elemennya. Bahwa
sistem tidak memiliki inisiatif untuk melakukan suatu tindakan diluar apa yang
telah diprogramkan untuknya, kemungkinan terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak
disengaja, ketidak mampuan sistem mengotomasi semua proses atau sekedar
mengindera proses tertentu memnag menjadi kendala sekaligus tantangan bagi para
pengembang IT kedepannya.
GLOSARIUM
- Sistem pakar adalah program yang berisi pengetahuan manusia atau bertingkah laku seperti manusia pakar yang pada aplikasinya membantu menyelesaikan masalah – masalah didunia nyata.
- William Stubblefield dan George F. Lugger (1993), sistem pakar adalah suatu program yang dapat menirukan seorang pakar.
- E. Fraim Turban (1992), sistem pakar adalah sebuah program yang mengkomputerisasikan laporan yang mencoba untuk menirukan proses pemikiran dan pengetahuan dari pakar – pakar dalam menyelesaikan masalah.
- Garratano dan Riley (1989), sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar.
- Kepakaran adalah pengetahuan yang ekstensif, spesifik yang didapatkan dari training, membaca, dan pengalaman.
- Pakar adalah seseorang yang mampu menjelaskan suatu tanggapan, mempelajari hal-hal baru seputar topik permasalahan, menyusun kembali pengetahuan jika dipandang perlu, memecahkan masalah dengan cepat dan tepat.
- Inference Engine adalah otak dari suatu sistem pakar, bias juga disebut dengan struktur control (control structure) atau penerjemah rule (rule interpreter dalam Rule-Based System).
- Blackboard (workplace) adalah tempat menyimpan sementara untuk memproses rencana, agenda, solusi, dan deskripsi masalah yang didapat dari knowledge dase selama sesi konsultasi.
- Explanation Subsystem adalah kemampuan penelusuran kebenaran dari konklusi yang didapat dari sumber-sumbernya.
Download PPT
Baik, sampai disini dulu pembahasan sistem pakar, jika ada kritik dan saran yang membangun silahkan berkomentar dikolom komentar.
terima kasih.
oke itu sangat bagus untuk di lakuka..
BalasHapus